Ads 120 X 160px

Jumat, 26 Februari 2010

Rekayasa Sistem (System Engineering)

Dalam lingkup pengembangan perangkat lunak, rekayasa sistem adalah kegiatan untuk menentukan spesifikasi, perancangan, pengimplementasian, penyebaran, dan pemeliharaan sistem sebagai satu kesatuan. sehingga, rekayasa sistem atau lebih tepatnya, rekayasa sistem berbasis komputer berhubungan dengan semua aspek pengembangan dan evolusi sistem kompleks dimana perangkat lunak memainkan peran utama.
Sommerville mendefinisikan sistem sebagai sekumpulan komponen yang saling berhubungan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan. Definisi umum ini mecakup banyak jenis sistem.
Contoh dari sistem diatas adalah, sistem yang sederhana seperti sistem pencatatan skor mungkin hanya terdiri dari 2 atau 3 modul perangkat lunak. sebaliknya, sistem kontrol lalu lintas dapat terdiri dari latusan perangkat lunak dan keran, ditambah manusia sebagai pemakainya, yang membuat keputusan berdasarkan informasi dari sistem.
Sistem seringkali hierarkis, dimana bahwa mereka mencakup sistem-sistem yang lain. contoh, sistem perintah dan kendali polisi mungkin melibatkan sistem informasi geografis untuk detail lokasi suatu peristiwa. Sistem-sistem inilah yang disebut sebagai subsistem.
Karakteristik subsistem adalah kemampuannya untuk berinteraksi secara independen. Dengan demikian, beberapa sistem informasi geografis dapat dipakai pada sistem lain. adanya hubungan yang komplek dalam sistem membuat rekayasa perangkat lunak merupakan bagian dari rekayasa sistem berbasis komputer mengingat pentingnya perangkat lunak pada sebuah sistem.
Pressman menyebut sistem yang didalamnya terdapat perangkat lunak berbasis komputer.
Pada sistem berbasis komputer terdapat komponen-komponen sebagai berikut :
  1. Perangkat keras (Hardware),
  2. Orang (people),
  3. Perangkat lunak (software),
  4. Basis Data (Data Base), dan
  5. Prosedur (Procedure).
Pada dasarnya, dari keenam komponen pembentuk sistem berbasis komputer, empat komponen terakhir diatas merupakan hasil aktivitas rekayasa perangkat lunak.
Perangkat lunak itu sendiri dari artifak-artifak hasil rekayasa perangkat lunak yang merupakan hasil dari aktivitas proses rekayasa (pengembangan) sistem berbasis komputer.

Untuk mendownload materi dalam bentuk Presentasi, dapat didownload disini.


1 komentar:

Marta mengatakan...

Link download nya udah rusak tuh

Posting Komentar